Seperti jenis kredit yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, sudah disebutkan bahwa banyak jenis kredit yang ditawarkan pihak Bank, tergolong tema yang hendak kita diskusikan dikala ini, yaitu KREDIT MODAL KERJA atau disebut juga KREDIT REKENING KORAN.

Mengapa jenis kredit ini menjadi hal yang penting untuk dibahas yaitu alasannya banyaknya penggunaan akomodasi kredit ini yang menurut penulis tidak pada tempatnya, beberapa pola penggunaan akomodasi yang tidak pada tempatnya yaitu :

1. Pembelian Asset atau barang modal
2. Konsumtif
3. Pembelian kendaraan dll

Hal ini umumnya terjadi akhir tidak tahunya kandidat nasabah tentang kegunaan dan pola kredit yang diberlakukan pada kredit modal kerja, sementara pihak Bank (dalam hal ini AO) tidak benar benar menerangkan dan bahkan sengaja menutupi biar target AO ybs sanggup tertutupi.
Adapun ciri ciri kredit ini yang perlu dikenali yaitu :
  1. Kredit yang diberikan berupa fleksibilitas tarik, bukan duit tunai total menyerupai pada kredit yang lain yang biasa disebut Kredit Angsuran Berjangka (KAB)
  2. Setiap jumlah kredit yang dipakai dibayar cuma bunganya saja sesuai jumlah pokok dana yang ditarik
  3. Pelunasan kredit sanggup dijalankan sehabis seluruh fleksibilitas tarik kembali ke plafond semula.
Lihat juga :  Checking Bi - Bi Checking

Contoh :
Pengusaha A mendapatkan akomodasi KMK dengan plafond (Kelonggaran Tarik) sebesar Rp.2.000.000.000,00. Beberapa bulan lalu A memerlukan dana tunai sebesar Rp.1.000.000.000,00 maka selama rentang waktu yang disepakati A cuma mengeluarkan duit bunga, sementara pembayaran pokok sanggup dijalankan meskipun tidak diwajibkan. Selama longgar tarik belum kembali semula, maka A wajib mengeluarkan duit bunga.
Jika A hendak melunasi akomodasi KMK tersebut, maka A wajib mengeluarkan duit sisa pokok yang digunakan. Jadi, dengan pola tersebut maka yang sempurna menggunakan akomodasi ini yaitu para kontraktor atau supplyer yang memerlukan dana di saat waktu dan sanggup melunasinya di saat waktu juga.

Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net